Arti Help Each Other

Yang Harus Diperhatikan Ketika Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Halo teman-teman, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa. Kali ini saya mau sharing aja mengenai hal yang harus diperhatikan ketika melatih pronunciation bahasa Inggris kita. Kebetulan memang saya sekarang ini lagi rajin melatih pronunciation saya, lagi melatih British Accent saya lagi, rutin saya latih selama 30 menit setiap harinya.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Di artikel saya yang telah lalu, saya pernah menulis mengenai cara melatih pronunciation bahasa Inggris, dimana saya sharing mengenai gimana kita bisa belajar melalui audio book. Dan setelah selama ini saya juga banyak berkembang dan banyak menemukan juga ketika kita melatih pronunciation kita, misalnya dari nol banget, mungkin kita perlu tahu terlebih dahulu bunyi kata per katanya.

International Phonetic Alphabet

Nah kalau teman-teman yang orangnya detail banget nih, bisa mulai juga dengan mempelajari yang namanya International Phonetic Alphabet atau disingkat sebagai IPA. Apa sih IPA itu? IPA itu adalah simbol yang digunakan untuk mewakili pelafalan dari sebuah kata. Teman-teman bisa mempelajarinya di BBC Pronunciation ini.

Di situ dijelaskan dengan sangat detail sekali, dan teman-teman pun mulai bisa melatihnya, dan mulai bisa mengerti kalau melihat kamus ada tulisan aneh yang berada di dalam dua garis miring /..../ seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini,

Yang Harus Diperhatikan Ketika Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Kita bisa lihat pada gambar di atas, di sampingnya kata "knowledge" itu ada yang di dalam garis miring, yang saya beri tanda panah. Nah itu salah satu contoh dari simbol yang ada di dalam I.P.A. Yang di dalam garis miring tersebut akan menunjukkan kepada kita bagaimana kata "knowledge" tersebut dilafalkan, dan untuk kita bisa mengerti cara membaca simbol tersebut, teman-teman bisa mempelajarinya di link BBC yang saya kasih di atas tadi.

Menyambungkan Kata Di Dalam Kalimat

Nah kemudian kalau teman-teman sudah mempelajari simbol-simbol I.P.A tersebut dan kemudian kalau melihat sebuah kata di dalam kamus, dan ada simbol I.P.A di dalam garis miringnya kemudian sudah bisa melafalkannya dengan baik, kemudian akan ada masalah baru lagi yang akan teman-teman hadapi. Apakah itu?

Saya mulai merasakan permasalahan ini muncul ketika saya mulai melatih pronunciation saya dengan menggunakan audio book dan e-book yang pernah saya buat videonya. Mungkin nanti saya akan buat video yang lebih baru lagi, karena setelah selama ini saya juga sudah berkembang dan belajar lagi jauh lebih banyak, sehingga lebih banyak pengetahuan lagi yang saya dapatkan selama ini. Jadi mungkin lebih baik memang saya buat videonya lagi nanti.

Permasalahannya adalah di connected speech, apa sih connected speech itu?? Connected speech itu adalah kata-kata yang kita hubungkan, karena kalau kita sudah berbicara kita pasti akan menghubungkan kata-kata menjadi satu kalimat kan? Nah ternyata ketika sudah menghubungkan antara satu kata dengan kata yang lain, ada perubahan lagi yang akan terjadi ketika kita menyambungkan kata-kata tersebut.

Dan ini dijelaskan dengan sangat baik pada video di bawah ini,


Di video itu dijelaskan di 0:50 sampai dengan 1:00, bahwa di pelafalannya British English misalnya pada kata car itu huruf r yang terakhir itu tidak dibaca, silakan ditonton videonya untuk mendengarkan bagaimana orang tersebut melafalkannya.

Kalau di dalam pelafalan American English huruf r ini memang dilafalkan tapi di British English, huruf r ini tidak mereka lafalkan. Tapi ketika sudah masuk ke dalam connected speech atau mulai menghubungkan kata per katanya, huruf r ini bisa saja diucapkan kalau setelah huruf r ini ada huruf vokal, seperti yang dijelaskan pada video tersebut di 1:30 sampai dengan 2:15. Di situ dia juga memberikan contoh penggabungan katanya yang kemudian huruf r tadi menjadi dibaca kalau dalam hal tersebut.

Ribet ya sepertinya?? Kita sebagai orang yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua kita memang sepertinya akan mengalami kesulitan di dalam hal ini, tapi buat mereka yang memang sudah terlahir sebagai orang Inggris maka ini tidak menjadi masalah buat mereka, seperti yang bisa kita lihat pada salah satu komen di bagian bawah dari video tersebut,
I'm British and I never realised I did this naturally. (Saya orang Inggris tapi saya ngga sadar hal ini. Saya melakukannya secara alami aja)
Nah kita sebagai pembelajar bahasa Inggris, kalau kita memang ingin bisa melafalkan seperti orang bule tersebut kita memang harus mempelajarinya, mau ngga mau, suka ngga suka.

Makanya memang kalau kita ingin mempunyai aksen seperti mereka, kita harus rajin latihan karena ini merupakan sebuah skill. Dan yang namanya skill itu untuk bisa mempunyainya kita harus latihan dan latihan dan latihan dan latihan, hingga akhirnya nanti skill itu akan ada pada diri kita.

Jadi buat teman-teman yang memang tertarik untuk melatih pronunciation, jangan hanya melatih pronuniation kata per kata saja, tapi juga harus melatih pronunciation ketika sudah mulai menggabungkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat. Dan memang hal yang paling terpenting adalah bukan untuk punya aksen seperti mereka, tapi yang harus pertama kita capai terlebih dahulu adalah pelafalan kita tersebut jelas sehingga orang yang mendengar kita akan dengan mudah mengerti apa yang kita ucapkan. Kita tidak terdengar seperti orang yang sedang kumur-kumur ketika berbicara di dalam bahasa Inggris menurut orang Inggris yang kita ajak ngomong. Karena memang tujuannya yang pertama adalah itu, agar apa yang kita sampaikan langsung bisa dimengerti dengan baik dan tidak disalahartikan oleh orang yang mendengarnya.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya ini, dan jujur saya juga jadi belajar banyak sekali dari video dari channel youtubenya Learn English With Papa Teach Me ini. Semoga teman-teman bisa mendapatkan manfaat dari apa yang saya sharingkan ini. Sekian dulu pembahasan kita mengenai melatih pronunciation bahasa Inggris ini, sampai ketemu lagi and see you next time guys..

Comments