Arti Help Each Other

Arti Head Over Heels

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas arti dari sebuah idiom bahasa Inggris yaitu head over heels. Kebetulan saya menemukan idiom ini diucapkan di film yang judulnya The Holidays, film yang dibintangi oleh Cameron Diaz dan Kate Winslet.

Ini saya screenshotkan adegan di film tersebut dimana idiom ini diucapkan, dan kebetulan saya juga sudah membuat video mengenai hal ini sehingga teman-teman nanti bisa tonton juga sedikit cuplikan dimana idiom ini diucapkan di film tersebut.

Idiom Head Over Heels

Sekarang kita coba lihat artinya terlebih dahulu kalau kita artikan idiom tersebut dengan cara mengartikannya secara kata per kata.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas arti dari [head over heels] ini.

Arti Harfiah Head Over Heels

Kalau kita membaca definisi dari Wikipedia mengenai idiom head over heels ini, idiom ini muncul pada sekitar abad ke-14 dengan bentuk heels over head, baru kemudian idiom tersebut berubah menjadi head over heels mungkin karena pertimbangan lebih indah didengarnya.

Idiom head over heels ini artinya adalah secara harfiahnya adalah jungkir balik. Mungkin kalau di bahasa Indonesia kita mengenal istilah kaki jadi kepala atau kepala jadi kaki kali ya? Yang menggambarkan betapa usaha yang keras sudah dilakukan.

Nah jadi kalau diartikan secara kata per kata head over heels ini artinya adalah,
Kepala jadi kaki.
Dan sekarang kita coba lihat arti menurut kamus mengenai idiom head over heel ini.

Arti Head Over Heels Menurut Kamus

Kalau menurut kamus Cambridge, kita bisa lihat arti dari idiom head over heels pada screenshot di bawah ini.

Arti Head Over Heels Menurut Kamus

Nah penjelasan tersebut kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Sangat mencintai seseorang.
Atau kalau bahasa Indonesianya kita punya istilah mabuk kepayang. Mabuk kepayang karena sangat mencintai seseorang. Nah nanti kita akan melihat di kasusnya di film The Holiday ini, si Iris yang diperankan oleh Kate Winslet lagi mabuk kepayang dengan seorang cowo sehingga rasionya tidak berjalan lagi.

Si cowo itu selingkuhin si Iris tapi si Iris tetap mencintainya saat si cowo merayunya lagi dan kemudian berkata yang manis-manis kepadanya padahal di belakangnya cowo itu selingkuh. Sudah saking cintanya sehingga perasaannya mengalahkan otaknya.

Kira-kira seperti itu teman-teman arti dari idiom head over heels ini kalau kita melihat ke penjelasan yang diberikan oleh kamus dan nanti kita akan melihat secuplik adegan dari film The Holiday tersebut ya.

Enaknya kalau kita belajar bahasa Inggris melalui banyak menonton film yang kemudian kita analisa seperti ini, kita akan tahu kapan idiom itu digunakan dan dalam konteks yang seperti apa. Kita bisa melihat langsung adegannya, dan beda kalau kita cuma belajar melalui text book aja kan?

Akan lebih nempel tentunya di ingatan kita dan juga kita jadi tahu persis penggunaannya gimana di dalam kehidupan. Tapi yang sabar aja kalau melakukannya ya, jangan satu kali tonton lalu ganti film, nanti kita ngga akan terlalu belajar banyak dari filmnya lho. Kita jadinya hanya lebih menghibur diri dengan menonton film ketimbang belajar mengenai bahasa Inggris.

Ini dia saya sudah membuat video cuplikan dari scene di film The Holiday tersebut, jadi teman-teman bisa langsung tonton saja videonya di bawah ini,


Nah saya rasa sekian dulu ya sharing dari saya mengenai arti dari idiom head over heel ini. Kalau nanti saya menemukan adegan di film lain dimana idiom head over heels ini juga diucapkan, Insya Allah artikel ini akan saya update lagi sehingga bisa teman-teman bisa melihat contoh yang lain lagi dari adegan film yang berbeda.

Kalau begitu sampai ketemu lagi di artikel saya yang lainnya di blog ini and I'll see you again very soon. Bubye now.

Comments

  1. infonya bermanfaat, saya jadi tau, hehe.. terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Ada juga di lagu Alanis Morissette, di album jagged little pill, tahun (kalau tidak salah 1995).
    Judul lagunya Head over feet.

    Isi lagunya juga menceritakan kecintaan yang teramat sangat terhadap kekasihnya.

    ReplyDelete

Post a Comment