Arti Help Each Other

Among Atau Amongst Yang Benar?

Among atau amongst yang benar?? Jadi ceritanya tadi waktu saya lagi ke kampus saya Universitas Darma Persada saya membaca sebuah pamflet tentang sebuah kampus di Jepang yang menawarkan program sekolah bahasa. Nah disitu saya membaca tulisan amongst, jujur saya jadi mikir, ini tulisannya bukannya among ya??

Lalu saya search di google dan mendapatkan penjelasan dari website Oxford Dictionaries dimana mereka menjelaskan dengan detail sekali mengenai hal ini. Untuk teman-teman yang ingin membaca langsung dari Oxford Dictionaries silakan teman-teman klik disini.

Saya coba ambil intinya di sini ya..

Among Atau Amongst Yang Benar?



Among Atau Amongst?


Ternyata menurut penjelasan dari Oxford Dictionaries dua-duanya benar! Among hadir lebih dahulu ketimbang amongst. Lalu selain hanya ejaannya yang sedikit ternyata tidak ada bedanya sama sekali, dua-duanya sama persis artinya yaitu sama-sama preposition juga.

Among atau amongst ini dua-duanya artinya adalah :
  1. Terletak di tengah-tengah sekelompok orang atau sesuatu.
  2. Milik sebuah kelompok atau terjadi di dalam sebuah kelompok.
  3. Menunjukkan sebuah divisi atau pilihan di antara tiga atau lebih orang atau hal-hal. 
Kemudian kalau kita membahas dari segi penggunaan ternyata dari data didapatkan bahwa penggunaan kata among sangat jauh lebih sering digunakan ketimbang amongst di bahasa Inggris Amerika (US English) dan juga di British English.

Di US English malah penggunaan amongst ini bisa dibilang sudah termasuk kuno atau old-fashioned. Di British English pun dinyatakan oleh beberapa organisasi di Inggris seperti misalnya The Guardian dan The Times, kata among ini lebih dipilih untuk digunakan ketimbang amongst. 

Nah jadi ternyata saya tidak salah kaget dengan penggunaan kata amongst karena memang ternyata kata amongst ini sangat jarang digunakan ketimbang among. Kalau saya sih akan menggunakan among aja karena sudah terbiasa dengan kata among ketimbang amongst. 

Kalau begitu saya sudahi dulu ya sharing saya mengenai among atau amongst yang benar ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. See you again guys..

Update mengenai amongst,

Kebetulan ketika saya nonton film The Flash ada kalimat yang menggunakan amongst, jadi saya coba skrinsutkan ya di bawah ini,

Amongst Them

Ini adalah film The Flash tahun 2014, bintang filmnya salah satunya adalah Grant Gustin yang menjadi Barry Allen, dan ini adalah episode 1 season 1 menit ke 13:35, kalimat yang terdapat di adegan tersebut adalah,
Seventeen people died that night, many more were injured, myself amongst them.
Ini film serial TV Amerika tahun 2014 lho, berarti memang kata ini masih digunakan juga di Amerika.

Comments