Arti Help Each Other

Berapa Banyak Kita Membaca??

Berapa banyak kita membaca setiap harinya? Saya barusan aja menonton sebuah video di channelnya Doing English With Julian dan di video itu dia menjelaskan pentingnya kita membaca buku dalam bahasa Inggris yang banyak kalau kita ingin berkembang bahasa Inggrisnya.

Di video itu dia bertanya, seberapa banyak kita membaca? Lalu apa hubungannya dengan belajar bahasa Inggris? Memangnya ada hubungannya?? Nah ini dia yang ingin saya bahas disini. Ternyata ada hubungannya dan ternyata sangat penting sekali lho untuk perkembangan bahasa Inggris kita.

Ternyata videonya sudah dihapus oleh Doing English ya, sayang sekali! Bagus padahal lho. Huhuhu..

Membaca Membantu Kita Mengenal Vocabulary

Nah hal ini sebenarnya juga ngga hanya untuk bahasa Inggris aja. Kalau kita rajin membaca, misalnya kita rajin membaca surat kabar dalam bahasa Indonesia, pengetahuan kita akan semakin luas, dan kosa kata kita juga akan lebih luas lagi.

Yang tadinya kita ngga tahu definisi tentang satu kata, kita jadi mengenal. Contohnya saya sendiri aja baru tahu mengenai arti kata "gawai", kebetulan kemarin sempat baca koran dan saya pun bingung. Gawai?? Apaan tuh?? Nah ini aja berlaku untuk saya yang memang asli orang Indonesia, kita masih banyak juga ngga tahu bahasa kita sendiri.

Dan baru saja saya browsing arti kata gawai, dan ternyata itu artinya gadget yang dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia menjadi gawai.

Berapa Banyak Kita Membaca

Nah bisa teman-teman bayangkan dong, kalau kita rajin membaca, apakah itu koran, apakah itu buku. Atau apa pun, maka kosa kata atau vocabulary kita akan bertambah. Sering ngga teman-teman mengalami ketika teman-teman membaca, dan kemudian bingung akan satu kata, kemudian kita cari arti katanya di kamus, dan setelah itu ketika kita lanjut membaca, kata itu muncul lagi di halaman berikutnya?

Sering dong? Nah makanya dengan kita rajin dan banyak membaca, itu akan menambah vocabulary bahasa Inggris kita secara kita tidak sadari, dan bisa saja kalau kita mau, seiring dengan kita membaca, kita tuliskan juga vocabulary baru yang kita dapat dari bahan bacaan kita.

Nah dengan begitu, kita bisa mendapatkan dua manfaat, yaitu kita belajar dari apa yang kita baca, atau kita menambah pengetahuan kita dari apa yang kita baca, dan juga secara vocabulary kita pun nambah banyak sekali. Dan enaknya adalah vocabulary kita nambah berdasarkan memang apa yang kita butuhkan.

Karena seringkali kita belajar vocabulary yang kita ngga butuhkan. Misalnya, kita tidak bekerja di bidang kesehatan, lalu kemudian kita menghafalkan vocabulary mengenai kedokteran yang banyak sekali, istilah-istilah kedokteran gitu. Kan ya buat apa juga tho? Kita ngga akan jadi dokter juga tho? Kita ngga belajar kedokteran juga kan?

Jadi saya rasa yang memang disampaikan oleh Julian di video tersebut memang sangat bagus sekali. Dan saya sendiri baru akan mencobanya. Kalau saya sendiri merasakan hal yang seperti ini dalam hal mendengarkan. Saya seringkali mendengarkan audio dalam bahasa Inggris, misalnya seperti audio book.

Apa itu audio book? Audio book adalah buku yang dibacakan. Di luar negeri sudah banyak sekali yang seperti ini tapi di Indonesia audio book ini setahu saya memang belum ada. Jadi agak aneh dan belum familiar untuk banyak orang, dulu saya banyak mendengarkan audio melalui kaset. Karena dulu jamannya masih kaset, semua berbahasa Inggris dan yang saya rasakan manfaatnya adalah saya jadi mudah mendengar percakapan dalam bahasa Inggris.

Dan buktinya ketika kemarin saya mengambil tes di LIA, saya mendapatkan score yang tinggi, yaitu 562. Di atas 550 ya, saya akan coba ambil TOEFL ke depannya dan ingin coba mendapatkan score yang tertingginya. Doakan saya ya teman-teman, dan juga IELTS tentunya nantinya, sehingga nanti teman-teman akan bisa melihat memang hasilnya memang bagus cara belajar seperti ini.

Kira-kira seperti itu dulu ya teman-teman, nanti saya akan sharing lagi mengenai banyak hal, tentunya seputar bahasa Inggris dan pembelajarannya ya. Tapi ya itu tadi akan selang seling, tidak melulu grammar saja, yang membuat orang pusing dan jadi bosan, tapi juga selingan seperti ini juga.

Semoga sharing dari saya mengenai berapa banyak kita membaca ini bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya. Sampai ketemu lagi, see you guys..

Comments