Arti Help Each Other

Apa Sih Grammar Itu?

Kali ini saya ingin membahas mengenai apa sih grammar itu? Karena saya sendiri jujur baru mulai mendalami lagi mengenai bahasa Inggris ini setelah sekitar 20 tahun yang lalu saya belajar bahasa Inggris, dan saya sendiri lebih banyak mendengarkan dan menyimak dan berusaha untuk berbicara saja, tanpa melihat dari struktur dan tatanan bahasanya.

Saya sendiri dulu dalam belajar bahasa Inggris lebih banyak mendengar dan menyimak saja, dulu saya sering mendengar kaset-kaset bahasa Inggris, karena dulu kan jamannya kaset ya..

Ternyata ketika saya buka salah satu web mengenai belajar bahasa Inggris, yang mana adalah Talk English, teman-teman bisa juga buka disana, saya belajar banyak juga darisana, karena setelah ini saya jadi ingin coba untuk fokus sharing dan mengajar bahasa Inggris.

Disitu dikatakan bahwa memang cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris yang pertama adalah bukan melalui belajar grammarnya, tapi langsung mendengar dan menyimak, persis seperti dulu kita belajar bahasa kita, bahasa Indonesia misalnya.

Kita belajar untuk bisa berbicara dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu sebelum kita mulai belajar mengenai kaidah-kaidah dalam bahasa Indonesia. Nah ternyata di bahasa Inggris juga begitu, walau kaidah ini akan sangat banyak membantu kita nantinya, tapi kalau dipelajari di bagian awal ketika kita baru saja belajar bahasa, maka hal ini akan sangat memperlambat proses belajar kita.

Nah sekarang karena topiknya adalah apa sih grammar itu? Saya akan bahas sedikit dari sudut pandang saya.

Apa Sih Grammar Itu?


Apa Sih Grammar Itu?

Kalau kita lihat pada gambar di atas yang saya skrinsutkan dari hasil googling, teman-teman bisa baca, bahwa disitu dikatakan grammar itu adalah struktur bahasa, disitu bahasanya tingkat tinggi juga tuh, saya coba jelasin dengan cara saya yang semoga lebih bisa dipahami.

Jadi seperti tata bahasa grammar itu, atau kumpulan kaidah tentang struktur bahasa. Di dalam bahasa Inggris sendiri ada 8 hal, ini saya kasih gambarannya dulu aja, nanti bertahap kita akan belajar sedikit demi sedikit. Karena belajar bahasa Inggris itu saya ibaratkan dengan makan gajah. Gajah kan besar ya? Kalau dimakan langsung dalam sehari yang ada kitanya yang muntah dan malah kita tidak bisa menikmati memakan gajah tersebut. Dan juga ngga akan bisa habis kalau makan gajah sendirian dalam waktu sehari.

Jadi caranya makan gajah itu gimana? Caranya makan gajah itu adalah kita makan sedikit demi sedikit, baru nanti gajahnya bisa habis. Nah seperti itu juga kalau kita belajar bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit tapi terus menerus.

8 hal yang nanti akan kita pelajari di dalam grammar itu antara lain :
  1. Noun
  2. Pronoun
  3. Verb
  4. Adjective
  5. Adverb
  6. Determiner
  7. Preposition
  8. Conjunction
Nah nanti di tulisan yang selanjutnya kita akan membahas satu per satunya ya, kebetulan saya juga lagi buka-buka buku nih tentang basic grammar, jadi nanti kita akan belajar pelan-pelan ya di blog ini seiring dengan saya juga mulai mengingat-ingat dan mulai belajar lagi nih.

Kita belajar bareng lah pokoknya disini. Semoga sharing saya mengenai apa sih grammar itu bisa bermanfaat dan memberikan ide dan gambaran besar untuk teman-teman semua ya. Sekian dulu dari saya yaa..

Comments